PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Diposting oleh Unknown on Jumat, 12 Oktober 2012

KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Hampir setiap hari manusia selalu memecahkan masalah dan membuat keputusan, baik di rumah, di kelas, atau di manapun. Menurut Santrock (2008: 362) pengambilan keputusan adalah sebuah pemikiran di mana individu mengevaluasi berbagai pilihan dan memutuskan pilihan dari sekian banyak pilihan. Harris (2009) mengatakan bahwa pengambilan keputusan adalah sebuah proses mengindentifikasi sebanyak mungkin alternatif dan memilih salah satu alternatif yang memiliki probabilitas keberhasilan atau efektivitas dan yang sesuai dengan tujuan, keinginan, gaya hidup, nilai, yang dinginkan. Sementara itu Campbell, et al (1997: 5) mengatakan sebuah keputusan merupakan sebuah pilihan dari berbagai pilihan yang ada, dengan tiap-tiap pilihan memiliki keuntungan dan resiko. Pengambil keputusan yang baik mengidentifikasi keuntungan dan resiko dari setiap pilihan yang ada,  menggunakan setiap bukti (informasi) yang tersedia untuk menentukan bobot tiap pilihan secara logis, dan kemudian memutuskannya. Boehm, R.G. & Webb, B. (2002: 80-81) sebuah keputusan merupakan sebuah pilihan yang kita ambil. Adair (2007: 1) pengambilan keputusan adalah memutuskan tindakan apa yang diambil, biasanya melibatkan pilihan-pilihan. Sternberg (2008: 410) pengambilan keputusan adalah penggunaan penalaran untuk menyeleksi satu pilihan di antara beberapa pilihan. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengambilan keputusan  merupakan proses berpikir untuk mengidentifikasi dan memutuskan pilihan dari berbagai pilihan yang ada.
Langkah-langkah yang harus dilakukan individu dalam pengambilan keputusan menurut Campbell, et al (1997: 5-15) adalah menentukan tujuan, mengidentifikasi pilihan, menganalisis informasi, dan menentukan pilihan. Boehm, R.G. & Webb, B. (2002: 81) langkah-langkah dalam mengambil keputusan meliputi menuliskan pertanyaan, menentukan pilihan-pilihan, mengumpulkan informasi, membuat daftar pro dan kontra, dan mengambil keputusan. Sedangkan Adair (2007: 23) mengemukakan lima langkah dalam pengambilan keputusan yakni mendefinisikan tujuan, mengumpulkan data yang relevan, menghasilkan pilihan yang layak, membuat keputusan, dan mengimplementasikan dan mengevaluasi.
Setelah mencermati langkah-langkah pengambilan keputusan yang dikemukakan oleh para ahli, maka langkah-langkah pengambilan keputusan yang disarikan penulis adalah membuat pertanyaan, mengumpulkan informasi, membuat pilihan-pilihan, membuat daftar pro dan kontra, dan membuat keputusan. Kemampuan yang diperlukan agar seseorang mampu membuat keputusan adalah seperti tercantum dalam Tabel 1 berikut ini.

Tabel 1. Kemampuan yang Diperlukan dalam Pengambilan Keputusan
No
Indikator
Kemampuan yang diperlukan
1.
Membuat pertanyaan apa yang diputuskan
Mengenali masalah
Membantu mengenali masalah dengan bantuan sejumlah pertanyaan (5W+1H)
2.
Mengumpulkan informasi
Mengetahui sumber-sumber informasi
Membedakan informasi yang relevan dan tidak relevan
Menghindari bias konfirmasi
Menggunakan 10 keterampilan berpikir kritis untuk mengevaluasi informasi benar atau masuk akal
3.
Menentukan pilihan-pilihan
Asesmen resiko (paparan dan intensitas akibat)
4.
Daftar Pro dan Kontra
Menganalisis informasi
5.
Membuat Keputusan
Kemampuan menganalisis tujuan, pilihan dan hasil

Bila dicermati lagi indikator-indikator keterampilan pengambilan keputusan seperti tercantum dalam Tabel 1 di atas, agar siswa mampu membuat keputusan maka diperlukan sejumlah kegiatan misalkan adanya kegiatan yang mampu memunculkan masalah, adanya diskusi untuk membuat pertanyaan dan pilihan-pilihan, kegiatan eksplorasi untuk mengumpulkan informasi, melakukan analisis terhadap informasi yang sudah dikumpulkan dan mencocokkan antara pertanyaan dengan keputusan yang akan diambil. Komponen-komponen inilah yang nantinya akan menjadi acuan dalam pengembangan model pembelajaran yang akan dikembangkan dalam rangka mengajarkan keterampilan pengambilan keputusan kepada siswa.

DAFTAR PUSTAKA
Adair, John. 2007. Decision Making & Problem Solving Strategies. London: Kogan Page
Boehm, R.G. & Webb, B. 2002. Skills Handbook Using Social Studies. Columbus, OH: SRA/McGraw-Hill.
Campbell, Vincent., et al. 1997. Decisions Based on Science. Arlington VA: National Science Teachers Association.
Gregory, Robin S and Clemen, Robert T. 2010. Improving Students' Decision Making Skills. Decision Research, Eugene, Oregon. Tersedia: http://faculty.fuqua.duke.edu. Diakses 27 Pebruari 2011.

Harris, Robert. 2009. Introduction to Decision Making. Tersedia: http://www.virtualsalt.com/bioblurb.htm. diakses 6 Desember 2009

Santrock, John W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prenata Media Group.
Stenberg, Robert J. 2008. Psikologi Kognitif Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

{ 1 komentar... read them below if any or add comment }

Unknown mengatakan...

terima kasih infonya sangat membantu

Posting Komentar