KETERAMPILAN
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Hampir setiap hari manusia selalu
memecahkan masalah dan membuat keputusan, baik di rumah, di kelas, atau di
manapun. Menurut Santrock (2008: 362) pengambilan keputusan adalah sebuah
pemikiran di mana individu mengevaluasi berbagai pilihan dan memutuskan pilihan
dari sekian banyak pilihan. Harris (2009) mengatakan bahwa pengambilan
keputusan adalah sebuah proses mengindentifikasi sebanyak mungkin alternatif
dan memilih salah satu alternatif yang memiliki
probabilitas keberhasilan atau efektivitas dan yang sesuai dengan tujuan,
keinginan, gaya hidup, nilai, yang dinginkan. Sementara itu Campbell, et
al (1997: 5) mengatakan sebuah keputusan merupakan sebuah pilihan dari berbagai
pilihan yang ada, dengan tiap-tiap pilihan memiliki keuntungan dan resiko.
Pengambil keputusan yang baik mengidentifikasi keuntungan dan resiko dari
setiap pilihan yang ada, menggunakan
setiap bukti (informasi) yang tersedia untuk menentukan bobot tiap pilihan secara
logis, dan kemudian memutuskannya. Boehm,
R.G. & Webb, B. (2002: 80-81) sebuah keputusan merupakan
sebuah pilihan yang kita ambil. Adair (2007: 1) pengambilan keputusan adalah
memutuskan tindakan apa yang diambil, biasanya melibatkan pilihan-pilihan.
Sternberg (2008: 410) pengambilan keputusan adalah penggunaan penalaran untuk
menyeleksi satu pilihan di antara beberapa pilihan. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
pengambilan keputusan merupakan proses
berpikir untuk mengidentifikasi dan memutuskan pilihan dari berbagai pilihan
yang ada.
Langkah-langkah yang harus dilakukan
individu dalam pengambilan keputusan menurut Campbell, et al (1997: 5-15) adalah menentukan tujuan, mengidentifikasi
pilihan, menganalisis informasi, dan menentukan pilihan. Boehm, R.G. & Webb, B. (2002: 81) langkah-langkah
dalam mengambil keputusan meliputi menuliskan pertanyaan, menentukan
pilihan-pilihan, mengumpulkan informasi, membuat daftar pro dan kontra, dan
mengambil keputusan. Sedangkan Adair (2007: 23) mengemukakan lima langkah dalam
pengambilan keputusan yakni mendefinisikan tujuan, mengumpulkan data yang
relevan, menghasilkan pilihan yang layak, membuat keputusan, dan
mengimplementasikan dan mengevaluasi.
Setelah mencermati
langkah-langkah pengambilan keputusan yang dikemukakan oleh para ahli, maka
langkah-langkah pengambilan keputusan yang disarikan penulis adalah membuat
pertanyaan, mengumpulkan informasi, membuat pilihan-pilihan, membuat daftar pro
dan kontra, dan membuat keputusan. Kemampuan yang
diperlukan agar seseorang mampu membuat keputusan adalah seperti tercantum
dalam Tabel 1
berikut ini.
Tabel 1. Kemampuan yang Diperlukan dalam Pengambilan
Keputusan
No
|
Indikator
|
Kemampuan yang diperlukan
|
1.
|
Membuat pertanyaan apa yang diputuskan
|
Mengenali masalah
Membantu mengenali masalah dengan bantuan sejumlah pertanyaan (5W+1H)
|
2.
|
Mengumpulkan informasi
|
Mengetahui sumber-sumber informasi
Membedakan informasi yang relevan dan tidak relevan
Menghindari bias konfirmasi
Menggunakan 10 keterampilan berpikir kritis untuk mengevaluasi
informasi benar atau masuk akal
|
3.
|
Menentukan pilihan-pilihan
|
Asesmen resiko (paparan dan intensitas akibat)
|
4.
|
Daftar Pro dan Kontra
|
Menganalisis informasi
|
5.
|
Membuat Keputusan
|
Kemampuan menganalisis tujuan, pilihan dan hasil
|
Bila
dicermati lagi indikator-indikator keterampilan pengambilan keputusan seperti
tercantum dalam Tabel 1 di atas, agar siswa mampu membuat
keputusan maka diperlukan sejumlah kegiatan misalkan adanya kegiatan yang mampu
memunculkan masalah, adanya diskusi untuk membuat pertanyaan dan pilihan-pilihan,
kegiatan eksplorasi untuk mengumpulkan informasi, melakukan analisis terhadap
informasi yang sudah dikumpulkan dan mencocokkan antara pertanyaan dengan
keputusan yang akan diambil. Komponen-komponen inilah yang nantinya akan
menjadi acuan dalam pengembangan model pembelajaran yang akan dikembangkan
dalam rangka mengajarkan keterampilan pengambilan keputusan kepada siswa.
DAFTAR PUSTAKA
Adair, John. 2007. Decision Making & Problem Solving Strategies. London: Kogan
Page
Boehm, R.G. & Webb, B. 2002. Skills Handbook Using Social Studies. Columbus,
OH: SRA/McGraw-Hill.
Campbell,
Vincent., et al. 1997. Decisions Based on
Science. Arlington VA: National Science Teachers Association.
Gregory, Robin S and Clemen, Robert T. 2010. Improving Students' Decision Making Skills.
Decision Research, Eugene, Oregon. Tersedia: http://faculty.fuqua.duke.edu.
Diakses 27 Pebruari 2011.
Harris, Robert. 2009. Introduction to Decision Making. Tersedia: http://www.virtualsalt.com/bioblurb.htm. diakses 6 Desember 2009
Santrock, John W. 2008. Psikologi
Pendidikan. Jakarta: Prenata Media Group.
Stenberg, Robert J. 2008. Psikologi
Kognitif Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
{ 1 komentar... read them below if any or add comment }
terima kasih infonya sangat membantu
Posting Komentar